Image of Hubungan Antara Kemampuan Self-Regulated Learning dengan Kronotipe pada Mahasiswa/I Prodi Sarjana Kedokteran Unjani

Skripsi

Hubungan Antara Kemampuan Self-Regulated Learning dengan Kronotipe pada Mahasiswa/I Prodi Sarjana Kedokteran Unjani



ABSTRAK

Mahasiswa kedokteran menghadapi tekanan akademik tinggi yang menuntut kemampuan self-regulated learning (SRL) baik untuk mengelola proses belajar secara mandiri. SRL melibatkan perencanaan, pemantauan, evaluasi, refleksi pembelajaran, serta dipengaruhi efikasi diri sebagai faktor motivasi. Kemampuan SRL memengaruhi sistem sirkadian dan kronotipe individu, yaitu pola tidur yang mencerminkan preferensi waktu aktivitas optimal. Penelitian menunjukkan kronotipe malam, yang berlawanan dengan jadwal akademik, lebih rentan terhadap rendahnya SRL, sehingga berdampak pada kesulitan manajemen waktu, tidur, dan kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara SRL dan kronotipe pada mahasiswa kedokteran.Sebanyak 148 mahasiswa kedokteran dari angkatan 2021–2023 berpartisipasi dalam penelitian cross-sectional ini dengan data yang dikumpulkan secara online.Kemampuan SRL dinilai menggunakan kuesioner Self-Regulated Learning Perception Scale (SRLPS) sementara kronotipe dinilai menggunakan MorningnessEveningness Questionnaire (MEQ) yang valid dan reliabel. Selanjutnya, uji Fisher’s Exact digunakan untuk menganalisis hubungan antara SRL dan kronotipe.Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa memiliki SRL baik (51,4%). Selanjutnya, mayoritas mahasiswa termasuk dalam kategori kronotipe neither type (61.5%). Tidak ada hubungan signifikan antara SRL dan kronotipe (p = 0,962). Tidak signifikannya hubungan ini dapat disebabkan faktor seperti tekanan akademik eksternal, jadwal institusional, atau faktor personal mahasiswa yang terdiri dari kemampuan kognitif, regulasi emosional, dan motivasi. Mayoritas mahasiswa program sarjana kedokteran di Unjani memiliki kemampuan self-regulated learning kategori "baik" dan termasuk dalam kategori kronotipe "neither type". Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara self-regulated learning dan kronotipe mahasiswa program sarjana kedokteran di Unjani.

Kata kunci: Kronotipe, Mahasiswa kedokteran, Morningness-Eveningness Questionnaire (MEQ), Self-regulated learning, Self-Regulated Learning
Perception Scale (SRLPS)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit FK//Kedokteran-S1 : Cimahi.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog